Bumi Perkemahan Sekipan Foto #3

Bumi Perkemahan Sekipan Karanganyar

Alamat : Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu Karanganyar

Bersahabat dengan Alam dan Menikmati kebersamaan bersama Alam
Menyenangkan dapat bersahabat dengan alam
Setiap langkah selalu bersenandung dengan alam
Membuka mata bersambut tiupan merdu hembusannya
Rasa Syukur terlontar sepanjang waktu . . .

Ungkapan tersebut dapat menggambarkan betapa pentingnya manusia bersahabat dengan alam. Menjauh sejenak dari hiruk pikuk suasan bising kendaraan dan keramaian area wisata di dekat Solo tepatnya di daerah Karanganyar dapat menjadi alternatif untuk bersenandung dengan alam. Masyarakat sering menyebutnya sebagai Buper Sekipan yakni sebuah area luas sebagai Bumi Perkemahan, dahulunya bernama Sekar Jinggo artinya Bunga berwarna jingga secara berkala mengalami perkembangan dan akhirnya disebut sebagai Sekipan dari bahasa Belanda yang artinya Tembak.

Bumi Perkemahan Sekipan terletak 31 Km di sebelah utara Karanganyar dan membutuhkan 30-45 menit dari Taman Rekreasi Tawangmangu. Tepatnya di Desa Kalisoro Kecamatan Tawangmangu Karanganyar, Berada pada ketinggian 1.100 meter dari permukaan laut diapit oleh dua bukit mengakibatkan area ini menjadi sejuk dan dingin. Untuk menuju ke Bumi Perkemahan Sekipan pelancong dapat menggunakan kendaraan pribadi dan harus memastikan bahwa kendaraannya benar-benar dalam keadaan prima karena jalan yang dilalui adalah jalan Solo Tawangmangu. Apabila ingin naik bus pelancong dapat naik bus jurusan Tawangmangu dari Terminal Tirtonadi dan turun di terminal tawangmangu, kemudian dari terminal tawangmangu naik angkot menuju Sekipan sesampainya di gerbang membayar biaya masuk Bumi Perkemahan Sekipan @Rp. 7.500,- per hari.

Semua yang ada disini masih alami, di dengar dari namanya saja Bumi Perkemahan Sekipan tempat ini dijadikan sebagai tempat piknik wisata alam, perkenalan mahasiswa baru, tracking dan untuk kegiatan perkemahan kepramukaan. Jadi bagi para pelancong yang ingin melakukan kegiatan alam tempat ini sangat cocok, pelancong bisa camping sekaligus outbond dalam satu paket. Tempat ini dikelola oleh Perum Perhutani dan menyediakan segala fasilitas yang dibutuhkan saat camping misalnya; menyediakan lokasi untuk api unggu, sumber air, MCK, Musholla dan juga fasilitas yang mendukung kelancaran mobilitas pengunjung.

Bumi Perkemahan Sekipan masih alami dan apa adanya. Tempat ini memang sengaja dijadikan sebagai lokasi untuk camping mengingat kondisi tanah yang bergelombang dan juga keterpaduan antara areal bukit dan hutan sehingga siapapun akan nyaman melakukan aktifitas bersama-sama atau pun menghangatkan diri dengan membuat api unggun dimalam hari. Benar-benar tipikal wisata yang syarat dengan nuansa alam.

Ada hal lain lagi yang ditawarkan oleh Bumi Perkemahan Sekipan. Kegiatan petualangan di daerah pegunungan yang akan anda jalani menjadi semakin lengkap karena disana terdapat jalan tanah di salah satu bukit yang mengapit Bumi Perkemahan Sekipan untuk menuju ke tempat tinggal penduduk disisi bukit lainnya. Harus berjalan kaki selama 2 jam sambil menikmati pesona alam hutan, jalan yang turun naik di tengah hutan pinus, pohon-pohon yang bergelantungan dengan batangnya yang kurus, dan tentu saja aroma hutan yang khas sehingga semakin menyegarkan pikiran dan jiwa anda.

Udara gunung yang masih bersih tanpa adanya polusi dengan hamparan hutan pinus, jalanan setapak, bukit yang menghijau, rumputan yang tumbuh subur, ladang yang dikerjakan oleh para penduduk, serta bunga-bunga liar dapat anda nikmati sepuasnya saat berada di Buper Sekipan, serta penduduk yang ramah pun akan menyapa dengan senyuman. Kalau tertarik untuk berkemah bersama keluarga atau teman-teman anda, pelancong bisa mencoba tempat ini, Bumi Perkemahan Sekipan. Hanya saja, harus pandai-pandai memilih waktu. Dan biar tidak repot, mungkin akan jauh lebih baik kalau anda tidak berkemah saat musim hujan.