Gapura Pasar Klewer Surakarta

Sejarah Tentang Pasar Klewer Surakarta

Gapura Pasar Klewer Surakarta
Gapura Pasar Klewer Surakarta

    Pasar Klewer Surakarta di Jl. Dr. Radjiman Solo, tepatnya sebelah alun-alun lor Solo ini merupakan bangunan yang sudah ada sejak tahun 1942 dan diresmikan pertama kali oleh Presiden Suharto. Bangunan pasar klewer terdiri atas dua lantai yang membuat para pengunjung dan pelaku pasar lebih nyaman untuk memilih dan berjalan-jalan menyusuri setiap sudut lorong pasar.

Di pasar klewer tersedia berbagai macam jenis kain dan pakaian mulai dari pakaian anak-anak, dewasa, orang tua, pakaian resmi, pakaian sekolah, pakaian blouse cantik, pakaian santai dll. Namun yang menonjol pada pasar klewer adalah di sana tersedia berbagai macam jenis batik dari seluruh kota selain kota Surakarta diseluruh Indonesai, seperti kota Yogyakarta, Pekalongan, Banyumas dll. Jika kita menengok ke lantai dua kita juga akan menemui beberapa penjahit yang siap mengubah kain yang baru saja dibeli menjadi sebuah pakaian yang diinginkan.

Para pengunjung dan pembeli yang datang dapat berbelanja sepuasnya, memilih sesuka hati jenis-jenis pakaian yang diinginkan dengan harga eceran dan grosir. Kita dapat menawar harga dari penjual langsung, apabila kita pandai dalam menawar harga kita akan mendapat harga yang rendah, itu juga akan menghemat kantong. Pembeli yang datang umumnya dari luar kota untuk di jual kembali sehingga harga yang didapat rendah dan pembelian juga dalam jumlah besar.

Pasar Klewer Surakarta
Pasar Klewer Surakarta

Jika sudah selesai menelusuri seluruh pasar bagian dalam sekarang kita akan membahas di luar pasar, dipinggiran pasar dan pinggiran jalan banyak pedagang makanan yang menawarkan berbagai macam kuliner khas daerah Surakarta. Jenis kuliner yang ada di sana sangat beragam, diantaranya; Jajanan pasar, kue-kue, serabi, gethuk, nasi pecel, nasi liwet, soto, timlo, es dawet, dll. Hal tersebut juga menjadi icon para Wisatawan untuk datang ke pasar klewer dan kota Surakarta.

Dalam Pasar Klewer Surakarta
Dalam Pasar Klewer Surakarta