Timlo Sastro Solo Foto #4

Timlo Sastro Solo

Alamat : Jl. Pasar Gede Timur No. 12, Balong, Solo

Timlo merupakan salah satu kuliner andalan di kota Surakarta yang lebih sering dipanggil dengan Solo. Salah satu timlo yang cukup terkenal yaitu Timlo Sastro yang berada di salah satu sudut Pasar Gedhe Kota Solo (Jl. Pasar Gede Timur No 12, Balong, Solo.). Timlo ini bisa dibilang cukup lama karena sudah berdiri sejak tahun 1952-an. Timlo Sastro ini biasa atau terkenal dengan sebutan Timlo Sastro Balong, karena berada di wilayah atau kawasan balong.

Timlo Sastro ini tidak jarang banyak pembeli yang datang, meski tempatnya sederhana rumah makan ini begitu ramai, sehingga tidak menutup kemungkinan apabila pembeli harus menunggu. RM. ini juga dilengkapi dengan Live Music seperti “Keroncong” ataupun Campursari” ada disini. Jadi, pembeli tidak merasa bosan menunggu.  Dalam pelayanannya bisa dibilang tidak memakan waktu yang lama alias lumayan cepat.

Timlo Sastro hanya menyediakan menu timlo saja. Tapi, pembeli dilarang kecewa dulu !!! karena, disini pembeli boleh memilih salah satu aneka timlo yang harganya bervariasi tergantung isi didalamnya. Aneka Timlo yang ada antara lain telur rempelo ati, sosis rempelo ati, telur sosis, rempelo ati kuah, sosis kuah, telur kuah, nasi timlo dan pastinya timlo sastro komplit. Untuk timlo sastro komplit meliputi potongan hati ampela, telur pindang dan sosis solo dengan kuah beningnya. Sosisnya berbeda dengan sosis pada umumnya yang bentuknya bulat dan panjang terbuat dari daging, sosis solo ini lebih mirip dengan telur dadar. Rasanya sendiri gurih dan segar ditambah sambal kecap.

Timlo Sastro memiliki keistimewaan sendiri yaitu disajikan dengan cara penyajian kuah ada dua tahap. Pertama, olahan isi timlo dalam mangkuk disiram dengan kuah kental yang terdiri atas bawang putih, pala, lada, dan garam. Kedua, diguyur dengan kuah dari kaldu ayam yang biasa disebut para pengelola Timlo Sastro sebagai kuah tawar. Untuk harganya juga bervariasi menyesuaikan dengan isian yang di pilih sebelumnya, dibadrol kurang lebih Rp. 6.000,- sampai Rp. 14.000,-an. Sedangkan untuk timlo komplitnya harganya Rp. 14.000,an.  Harga belom termasuk nasi putih, jika tambah nasi putihnya tambah Rp. 3.000,-. Timlo Sastro Solo buka sejak jam 06.30 – 15.30 WIB setiap harinya.